PMR SMAGA “We Care and friendly”

IMG_7114

Dalam rutinitas upacara bendera setiap hari senin pagi, jika pian-pian ke SMAGA maka jangan heran amun ada dibarisan belakang para siswa yang juga berbaris dengan tertib namun memakai atribut (topi) yang berbeda. Buhannya itu adalah siswa SMAGA yang tergabung dalam kegiatan PMR (Palang Merah Remaja) yang mengelola UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). Selain itu mereka juga bertugas setiap senin pagi untuk membantu jika ada peserta upacara yang sakit ataupun pingsan.
“Kami siap siaga selama upacara berlangsung”, kata M. Tami Rosadi, S.Pd selaku pembina PMR. Disampaikan guru olahraga ini bahwa kini SMAGA mempunyai 40 orang tenaga PMR yang terdiri dari kelas X dan kelas XI.
“Alhamdulillah, kesadaran untuk peduli dan membantu sesama kini semakin meningkat”, ucap Pa Tami begitu biasa beliau disapa.

IMG_7073
Kesiagaan PMR selama upacara berlangsung terlihat dengan adanya kesiapan anggota dan peralatan yang digunakan. “Setiap senin pagi kami siapkan tandu dan peralatan P3K. Ada atau tidak yang sakit kami selalu siap”, ucap guru yang terlihat selalu energik ini.
Ditanya tentang faktor penyebab anak sakit atau pingsan saat upacara, Pa Tami mengatakan bahwa rata-rata penyebabnya adalah belum makan. “Kebanyakan dari mereka mengaku tidak makan di rumah sehingga tidak kuat berdiri saat upacara berlangsung”, kata Pa Tami.
Keberadaan PMR tersebut sangat membantu kelancaran upacara bendera. Jika ada siswa yang sakit atau pingsan maka dengan cepat mereka bertindak untuk melakukan pertolongan pertama sehingga tidak mengganggu peserta upacara yang lain. Kecekatan PMR SMAGA ini tidak terlepas dari hasil latihan yang selama ini mereka lakukan.
Bahkan dalam rangka meningkatkan kemampuan PMR telah dilaksanakan Diklat PMR. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Benih Mandiangin Kab. Banjar dengan menghadirkan nara sumber dari PMI Kota Banjarbaru, Dinkes Kota Banjarbaru, Radar Banjar Peduli (RBP) dan BASARNAS Prov. Kalsel. Selain teori mereka juga melaksanakan praktek lapangan langsung berupa penanganan korban, evakuasi korban, dan lain sebagainya.
Menurut Pa Tami masih ada peralatan yang diperlukan, terutama matras dan tenda khusus PMR yang belum dimiliki. Harapannya nanti dapat dianggarkan dalam kegiatan sekolah untuk penunjang kegiatan. PMR SMAGA ; We Care and and friendly.

Facebooktwittergoogle_plusmail

About author

Admin
Admin 86 posts

Hanya seorang biasa saja yang dipercaya sebagai seorang admin untuk mengelola situs ini. "Hidup itu indah, jadi jangan dibikin susah" Jangan lupa untuk berkunjung ke blog saya di http://smaga-tik.blogspot.com

You might also like

INFORMASI 0 Comments

Kemdikbud Menyiapkan Regulasi Untuk Guru Yang Belum Bersertifikasi

Regulasi terkait guru yang belum memenuhi sertifikasi akan segera dikeluarkan pada awal Maret 2016 mendatang. Regulasi tersebut saat ini masih dalam proses finalisasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penyiapan

KEGIATAN GURU 0 Comments

Hari Kartini di SMAGA

Pada hari ini 21 April 2016 bertepatan dengan hari Kartini, SMAGA selalu memperingatinya setiap tahun dengan melakukan upacara peringatan. Hari Kartini diperingati untuk mengenang jasa beliau dalam memperjuang hak –

INFORMASI 0 Comments

Pengumuman Kelulusan Siswa Jurusan IPS

Berikut pengumuman Kelulusan Siswa SMA Negeri 3 Banjarbaru Jurusan IPS Seluruh siswa/siswi bersama orang tua/wali diharapkan berhadir pada hari Senin, 9 Mei 2016 pukul 10.00 WITA bertempat di SMA Negeri

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply