Cut-off KIP Diundur Hingga Desember…. Benarkah ?

KIP

Operator Dapodik diseluruh Indonesia dibikin kocar kacir yang dikarenakan deadline KIP harus sudah selesai tanggal 15 Agustus 2016, namun karena keterlambatan rilis Dapodik 2016 sehingga batas waktu kembali di undur sampai dengan tanggal 31 Agustus 2016.

Namun dalam berita terbaru yang diberitakan oleh Republika.co.id bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan batas penyelesaian masalah Kartu Indonesia Pintar (KIP) diundur hingga awal Desember 2016. Batas waktu yang sebelumnya ditentukan akhir Agustus ini bukan berarti penyelesaian masalah KIP.

“Itu deadline akhir Agustus bukan selesainya masalah tapi deadline kartu itu sudah tidak bisa lagi digunakan. Kalau tadi sudah saya rapatkan lagi, kita ulur sampai awal Desember,” ujarnya saat berkunjung ke kantor Republika.co.id, Jakarta, Rabu (24/8).

Muhadjir-Effendy-Mendikbud-Belajar-Pendidikan-blajar.co_.id_-946x630

Dengan diundurnya batas waktu ini, Muhadjir tidak menampik adanya resiko bahaya. Sebab, batas waktu tersebut berdekatan dengan penutupan anggaran akhir tahun. Hal itu memang tidak bisa dihindari apalagi pihaknya baru mengundang pimpinan daerah pekan depan untuk membantu menyelesaikan KIP ini. Muhadjir menerangkan pihaknya memang memiliki rencana lain dalam menghadapi permasalahan KIP ini dengan menggunakan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Jadi sebetulnya kalau dulu pakai Dapodik itu bisa selesai karena dapodik punya data keluarga miskin,” ujar Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini. Seperti diketahui, sejauh ini jumlah penerima KIP mengacu pada data Kementerian Sosial (Kemensos).

Ia juga mengaku acuan Dapodik ini tidak akan mampu menggiring anak yang tidak sekolah untuk mengenyam pendidikan kembali. Dengan kata lain, Dapodik hanya berfungsi agar anak tidak berhenti sekolah.

“Memang bisa saja pakai dua-duanya (acuan data), agar mencegah Drop Out dan menggiring masuk sekolah. Tapi hal itu nanti saja, kita tangani yang sudah terlanjur,” jelasnya.

Sampai berita ini diturunkan, dalam aplikasi Dapodik masih berlaku cut off sampai dengan tanggal 31 Agustus ini, jadi daripada ketinggalan kereta lebih baik segera diselesaikan Dapodiknya sampai batas waktu tersebut untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Sumber : Republika.co.id

Facebooktwittergoogle_plusmail

About author

Admin
Admin 92 posts

Hanya seorang biasa saja yang dipercaya sebagai seorang admin untuk mengelola situs ini. "Hidup itu indah, jadi jangan dibikin susah" Jangan lupa untuk berkunjung ke blog saya di http://smaga-tik.blogspot.com

You might also like

INFORMASI 0 Comments

SMAGA WAKILI KALSEL LOMBA SEKOLAH SEHAT

CEMPAKA – Tahun 2011 ini, warga dan Pemerintah Kota Banjarbaru dapat berbangga dengan prestasi salah satu sekolahnya, yakni SMA 3 Banjarbaru. Karena keberhasilannya menjadi sekolah sehat untuk program UKS terbaik se

KEGIATAN 1Comments

SMAGA GELAR LATIHAN RESMI PRAMUKA

Setelah libur Ramadan, geliat kegiatan belajar mengajar di SMAN 3 Banjarbaru sudah dimulai sejak tanggal 23 Agustus 2012 lalu. Aktivitas KBM berlangsung dengan penuh semangat. Libur panjang nampaknya memberikan energy

INFORMASI 0 Comments

PERLU RAMBU-RAMBU LALIN

Menuju kantor pagi hari lewat jalan Aneka tambang sekarang udah ngk asik lagi. kondisi jalan yang sempit dan berlubang memerlukan konsentrasi yang lebih. apalagi saat pagi hari berbarengan dengan para

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply