PPDB SMA Negeri 3 Banjarbaru 2020

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kembali akan dilaksanakan serentak se Kota Banjarbaru pada tanggal 29 Juni 2020 sampai dengan 1 Juli 2020 yang di ikuti oleh SMA/SMK se Kota Banjarbaru tak terkecuali SMA Negeri 3 Banjarbaru.

Bersamaan dengan wabah Covid-19 yang sekarang melanda hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia, maka berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru seluruh jenjang dan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 yang ditindak lanjuti dengan Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan dan Peraturan Kepala Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, maka dibuatlah Surat Edaran oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Tengah tentang Informasi Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru untuk seluruh jenjang akan dilaksanakan secara ONLINE.

Dalam pelaksanaan PPDB online ini, nantinya Smaga beserta dengan sekolah – sekolah lain se Kota Banjarbaru melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan salah satu BUMN Indonesia sebagai penyedia sistem PPDB online tersebut.

Alamat Pendaftaran nanti bisa di akses DISINI

Syarat Umum calon peserta didik :

  • Umur kurang dari 21 Tahun
  • Lulus SMP/MTs sederajat
  • Memiliki Ijazah/Bukti kelulusan/keterangan lainnya

 

 

Ada 4 jalur pendaftaran yang akan dilaksanakan di SMA Negeri 3 Banjarbaru yakni Jalur ZONASI, Jalur Afirmasi, Jalur Prestasi dan Perpindahan Tugas orang tua.

Jalur Zonasi (50%)

Pilihan pada jalur ini diperuntukkan bagi calon siswa yang berada di zona wilayah yang telah disepakati/ditetapkan Pemerintah Kota Banjarbaru dimana seleksinya memprioritaskan jarak tempat tinggal terdekat calon peserta didik dengan sekolah dan apabila memiliki jarak yang sama maka dilakukan pemeringkatan menurut usia calon peserta didik yang lebih tua.

Jalur Afirmasi (15%)

Maksud pilihan pada jalur pendaftaran ini adalah diperuntukkan bagi calon siswa yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu yang diseleksi berdasarkan kepemilikan pada penanganan keluarga ekonomi tidak mampu dari pemerintah pusat atau daerah dengan urutan prioritas pemeringkatan mulai KIP atau KKS atau KPS atau KIS.

Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua (5%)

Pada jalur ini dikhususkan bagi calon peserta didik dimana orang tuanya bertugas dilingkungan zonasi sekolah yang dibuktikan dengan Surat Penugasan/SK Penugasan orang tua calon peserta didik yang ditanda tangani oleh pimpinan lembaga tempat bertugas orang tua. Pada jalur ini dapat digunakan untuk anak guru/tenaga pendidik dan lainnya.

Jalur Prestasi (30%)

Dijalur ini dikhususkan untuk calon siswa yang berprestasi dibidang akademik perorangan maupun non akademik perorangan dengan dibuktikan piagam atau penghargaan lainnya yang akan dibobot berdasarkan wilayah kejuaraan. Pembobotan/penambahan nilai prestasi akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan yang nantinya akan di akumulasikan dengan nilai rata – rata ijazah calon peserta didik.

 

Demikian informasi singkat tentang rencana pelaksanaan PPDB Online 2020 SMA Negeri 3 Banjarbaru. Hal – hal lain dan perubahan akan disampaikan kemudian.

Facebooktwittermail

About author

Admin
Admin 103 posts

Hanya seorang biasa saja yang dipercaya sebagai seorang admin untuk mengelola situs ini. "Hidup itu indah, jadi jangan dibikin susah"

You might also like

KEGIATAN 0 Comments

Paman Birin Memberikan Semangat di Ultah SMAGA ke-21

Pada kesempatannya, Gubernur kalimantan Selatan (Paman Birin) memberikan sambutan dengan memberikan pesan – pesan moral dan motivasi yang membangkitkan semangat kepada seluruh warga SMA Negeri 3 Banjarbaru. Pada kesempatan itu,

KEGIATAN SEKOLAH 0 Comments

Koreksi Bersama UAS 2015/2016

Dalam kegiatan pembelajaran sekolah, adalah hal penting untuk melaksanakan Ujian Akhir Sekolah sebagai final pembelajaran sebelum menyongsong Ujian Nasional. SMA Negeri 3 Banjarbaru sendiri, baru saja selesai melaksanakan Ujian Akhir

INFORMASI 0 Comments

Sekolah dan Kepercayaan Publik

Berselancar di dunia maya, penulis mengunjungi arsip Radar Banjarmasin dan dibuat agak berkerut dengan membaca opini yang ditulis oleh Gita Pebrina Ramadhana beberapa waktu lalu tentang Pelecehan Seksual di Sekolah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply