Cut-off KIP Diundur Hingga Desember…. Benarkah ?

KIP

Operator Dapodik diseluruh Indonesia dibikin kocar kacir yang dikarenakan deadline KIP harus sudah selesai tanggal 15 Agustus 2016, namun karena keterlambatan rilis Dapodik 2016 sehingga batas waktu kembali di undur sampai dengan tanggal 31 Agustus 2016.

Namun dalam berita terbaru yang diberitakan oleh Republika.co.id bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan batas penyelesaian masalah Kartu Indonesia Pintar (KIP) diundur hingga awal Desember 2016. Batas waktu yang sebelumnya ditentukan akhir Agustus ini bukan berarti penyelesaian masalah KIP.

“Itu deadline akhir Agustus bukan selesainya masalah tapi deadline kartu itu sudah tidak bisa lagi digunakan. Kalau tadi sudah saya rapatkan lagi, kita ulur sampai awal Desember,” ujarnya saat berkunjung ke kantor Republika.co.id, Jakarta, Rabu (24/8).

Muhadjir-Effendy-Mendikbud-Belajar-Pendidikan-blajar.co_.id_-946x630

Dengan diundurnya batas waktu ini, Muhadjir tidak menampik adanya resiko bahaya. Sebab, batas waktu tersebut berdekatan dengan penutupan anggaran akhir tahun. Hal itu memang tidak bisa dihindari apalagi pihaknya baru mengundang pimpinan daerah pekan depan untuk membantu menyelesaikan KIP ini. Muhadjir menerangkan pihaknya memang memiliki rencana lain dalam menghadapi permasalahan KIP ini dengan menggunakan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Jadi sebetulnya kalau dulu pakai Dapodik itu bisa selesai karena dapodik punya data keluarga miskin,” ujar Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini. Seperti diketahui, sejauh ini jumlah penerima KIP mengacu pada data Kementerian Sosial (Kemensos).

Ia juga mengaku acuan Dapodik ini tidak akan mampu menggiring anak yang tidak sekolah untuk mengenyam pendidikan kembali. Dengan kata lain, Dapodik hanya berfungsi agar anak tidak berhenti sekolah.

“Memang bisa saja pakai dua-duanya (acuan data), agar mencegah Drop Out dan menggiring masuk sekolah. Tapi hal itu nanti saja, kita tangani yang sudah terlanjur,” jelasnya.

Sampai berita ini diturunkan, dalam aplikasi Dapodik masih berlaku cut off sampai dengan tanggal 31 Agustus ini, jadi daripada ketinggalan kereta lebih baik segera diselesaikan Dapodiknya sampai batas waktu tersebut untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Sumber : Republika.co.id

Facebooktwittermail

About author

Admin
Admin 115 posts

Hanya seorang biasa saja yang dipercaya sebagai seorang admin untuk mengelola situs ini. "Hidup itu indah, jadi jangan dibikin susah"

You might also like

AKADEMIK 0 Comments

Alasan Pengusulan Tahun Ajaran Baru diundur sampai Januari 2021 oleh Pakar Pendidikan Taman Siswa

Pandemi Covid-19 di Indonesia sepertinya belum ada ciri-ciri akan berakhir, ini terbukti dengan adanya penambahan kasus-kasus terjangkit setiap harinya. Hal ini selain berpengaruh diberbagai aspek, tak terkecuali dunia pendidikan juga

INFORMASI 0 Comments

Serunya Belajar di Alam

Konsep pembelajaran yang menyenangkan nampaknya benar-benar diterapkan di SMAGA. Hal ini setidaknya terlihat dari pembelajaran yang dilakukan oleh ibu Rahmalina, S.Pd. Guru bahasa Indonesia ini menyampaikan pembelajaran di luar kelas

Presentasi Karya Ilmiah Ala SMAGA

Sebagaimana agenda sekolah, maka beberapa waktu lalu diadakan presentasi karya ilmiah hasil kunjungan para siswa ke berbagai tempat di Indonesia. Setidaknya ada beberapa tujuan penelitian yang telah dilakukan, diantaranya di

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply