Jalur PPDB Smaga Tahun 2021

Computer class, open space office interior. Empty school, modern business workplace, room for coworking or studying. Cabinet with furniture, pc on desks, tv screen, windows cartoon vector illustration

Dalam pelaksanaan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2021 ini masih menerapkan 4 jenis jalur penerimaan  untuk mengakumodasi seluruh calon peserta didik baru yang akan bergabung ke lingkungan keluarga besar SMA Negeri 3 banjarbaru.

Adapun jalur pendaftarannya sebagai berikut :

JALUR ZONASI

Yang dimaksud dengan jalur zonasi adalah diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan Pemerintah Daerah. Perankingan calon peserta didik baru ditetapkan berdasarkan jarak tinggal calon peserta didik tersebut dengan sekolah yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga yang sudah diterbitkan 1 tahun sebelum penerimaan peserta didik baru ini.

Jika calon peserta didik baru tidak memiliki Kartu Keluarga karena “keadaan tertentu” maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili.

Maksud dari keadaan tertentu diatas disebabkan oleh adanya Force Majeure (Keadaan tak terduga) dimana calon peserta didik mengalami musibah bencana alam, bencana sosial ataupun keadaan lainnya yang bukan dikehendaki Sedangkan bagi calon peserta didik baru yang tidak memiliki Kartu Keluarga yang disebabkan oleh kelalaian dari orang tua atau anggota keluarga lainnya maka hal tersebut tidak dapat di proses.

Dibandingkan dengan Surat Keterangan Domisili, sekolah berhak memprioritaskan calon peserta didik yang memiliki Kartu Keluarga dalam satu wilayah Kabupaten yang sama dengan sekolah asal.

Untuk jalur zonasi ini memlk daya tamung 50% dar total kouta yang dimiliki oleh sekolah

Jalur zonasi SMA Negeri 3 Banjarbaru adalah seluruh wilayah Kecamatan Cempaka dan sebagian wilayah Kelurahan Sungai Besar Kota Banjarbaru

 

JALUR AFIRMASI

Jalur afirmasi ini memiliki daya tampung berkisar antara 15%  dari total kouta sekolah, hal ini nantinya akan disesuaikan dengan ketersediaan kouta yan dimiliki.

Jalur Afirmasi ini dimaksudkan untuk menampung calon peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan penyandang disabilitas.

Untuk jalur ini boleh berdomisili didalam atau diluar wilayah zonasi sekolah bersangkutan, namun jika pendaftar melimpah maka akan diprioritaskan pada peserta didik yang tempat tinggalnya paling dekat.

Persyaratan lain di jalur Afirmasi ini adalah dengan menunjukkan keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah dan harus menandatangani surat pernyataan bersedia diproses secara hukum jika terbukti memalsukan bukti keikutseertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu.

Contoh penanganan keluarga tidak mampu seperti KIP, PKH dan KHS sedangkan Surat Keterangan Tidak Mampu dinyatakan tidak berlaku dan tidak bisa dijadikan syarat masuk ke jalur afirmasi.

 

JALUR PERPINDAHAN TUGAS ORANG TUA

Pada jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik yang orang tuanya pindah tugas ke Kabupaten/Kota dimana sekolah penyelenggara Penerimaan Peserta Didik Baru berada yang dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan yang mempekerjakan orang tua.

Walau sifatnya tidak terbatas untuk siapapun, jika kouta pendaftar melebihi dari batas kouta yang ditetapkan maka akan dilakukan pemeringkatan berdasarkan jarak tempat tinggal dengan sekolah.

Kouta pada jalur ini ditetapkan hanya 5%

 

JALUR PRESTASI

Pada jalur ini ditentukan dengan peringkat nilai raport dari sekolah asal dan juga berbagai prestasi dibidang akademik dan non-akademik.

Untuk nilai raport sebagaimana dimaksud diatas menggunakan nilai raport pada 5 semester terakhir yang dibuktikan dengan upload Rekap Nilai Raport (Contoh format DOWNLOAD DISINI) sedangkan bukti prestasi akademiki atau non-akademik harus diterbitkan paling singkat 6 bulan dan paling lama 3 (tiga) tahun sebelum pendaftaran PPDB tersebut.

Kouta untuk jalur ini ditetapkan 30% (15% untuk prestasi akademik dan 15% prestasi Non Akademik)

Untuk jalur prestasi ini, calon peserta didik wajib datang langsung ke sekolah untuk dilakukan wawancara sebelum mendaftar, dimana nantinya seluruh berkas pendaftaran akan diverifikasi langsung dan divalidasi sekolah yang nantinya akan diberikan stempel lulus validasi sebelum berkas di upload.

Bagi pendaftar yang mengabaikan syarat tersebut, sementara akan kami tolak sampai calon siswa bersangkutan bisa berhadir langsung untuk wawancara disekolah.

Facebooktwittermail

About author

Admin
Admin 115 posts

Hanya seorang biasa saja yang dipercaya sebagai seorang admin untuk mengelola situs ini. "Hidup itu indah, jadi jangan dibikin susah"

You might also like

INFORMASI 0 Comments

Sekolah dan Kepercayaan Publik

Berselancar di dunia maya, penulis mengunjungi arsip Radar Banjarmasin dan dibuat agak berkerut dengan membaca opini yang ditulis oleh Gita Pebrina Ramadhana beberapa waktu lalu tentang Pelecehan Seksual di Sekolah

INFORMASI 0 Comments

Uji Kompetensi Guru (UKG) Segera Dibenahi dan Ditata Ulang Kemdikbud

SMA Negeri 3 Banjarbaru – Dikutip dari situs resmi Kemdikbud yang juga diberitakan oleh Republika.com dimana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Bapak Muhadjir Effendy berencana akan membenahi dan menata ulang

KEGIATAN GURU 0 Comments

Beginiah Cara Paman Birin Beri Motivasi Belajar Siswa

Sungguh luar biasa pengaruh kehadiran Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau akrab dipanggil Paman Birin ke SMAN 3 Banjarbaru. “Semangat anak-anak bertambah dengan kehadiran Paman Biri”, kata Trihayat Ariwibowo,

2 Comments

  1. Busriansyah
    May 06, 13:55 Reply
    Semoga juknis dari dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi cepat keluar utk tgl pendaftaran sehingga lbh mudah utk menyampaikan kepada calon pendaftar...
    • Admin
      May 07, 09:14 Reply
      Aamiin... semoga bisa segera

Leave a Reply