Peremajaan Pohon-Pohon Tua di SMA Negeri 3 Banjarbaru

SMA Negeri 3 Banjarbaru telah melaksanakan langkah penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan siswa dengan melakukan penebangan pohon tua yang potensial menjadi bahaya. Keputusan ini diambil sebagai bagian dari program Adiwiyata sekolah yang berfokus pada pengembangan lingkungan yang ramah dan berkelanjutan. Pohon tua yang dikhawatirkan rawan roboh saat terjadi angin kencang atau hujan deras telah diganti dengan pohon buah, memberikan manfaat ganda bagi lingkungan dan siswa.

Penebangan pohon tua bukanlah keputusan yang diambil dengan enteng. Pohon tua memiliki nilai ekologis dan estetika yang signifikan. Namun, keamanan dan keselamatan siswa harus menjadi prioritas utama. Pohon tua yang sudah mencapai masa hidupnya yang maksimal atau mengalami kerusakan dapat menimbulkan bahaya jika terjadi keruntuhan. Untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan, tindakan penebangan menjadi langkah yang wajar.

Sebagai alternatif, SMA Negeri 3 Banjarbaru memilih untuk menggantikan pohon tua yang ditebang dengan pohon buah. Keputusan ini didasarkan pada beberapa alasan yang kuat. Pertama, pohon buah memberikan manfaat ekologis dengan memberikan tempat berlindung bagi hewan dan mendukung keanekaragaman hayati. Selain itu, pohon buah juga memberikan manfaat sosial dan edukatif bagi siswa. Mereka dapat belajar mengenai pertanian, perawatan tanaman, dan bahkan menikmati buah-buahan segar yang dihasilkan oleh pohon tersebut.

Program Adiwiyata di SMA Negeri 3 Banjarbaru menekankan pentingnya kesadaran lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Penggantian pohon tua dengan pohon buah merupakan bagian dari upaya sekolah dalam menjaga keseimbangan ekosistem, mengurangi jejak karbon, dan memperkuat ikatan siswa dengan alam. Siswa juga diajak untuk terlibat dalam penanaman dan perawatan pohon buah, sehingga mereka dapat memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan menerapkan praktik ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, SMA Negeri 3 Banjarbaru juga menjalankan langkah-langkah pencegahan dan pemeliharaan terhadap pohon yang ada di lingkungan sekolah. Inspeksi rutin dilakukan untuk memastikan kesehatan pohon, dan jika ada tanda-tanda kerusakan atau bahaya potensial, tindakan yang sesuai akan diambil untuk menjaga keamanan siswa.

Penebangan pohon tua dan penggantian dengan pohon buah di SMA Negeri 3 Banjarbaru merupakan langkah yang bijaksana dalam menjaga keamanan siswa sekaligus mendukung program Adiwiyata. Dengan kesadaran lingkungan yang tinggi dan peran aktif siswa dalam perawatan pohon buah, SMA Negeri 3 Banjarbaru memberikan contoh yang baik dalam menjalankan kegiatan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Semoga langkah ini dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk mengembangkan program serupa dan menciptakan lingkungan yang lebih aman, indah, dan lestari.

Total Pengunjung:257
Facebooktwitterrssyoutubeinstagram

About author

Admin
Admin 158 posts

Hanya seorang biasa saja yang dipercaya sebagai seorang admin untuk mengelola situs ini. "Hidup itu indah, jadi jangan dibikin susah"

You might also like

KEGIATAN 0 Comments

Meriahnya HUT SMAGA Ke-21

SMA Negeri 3 Banjarbaru sudah memasuki usia yang sudah mulai dewasa yakni berumur 21 tahun. Dimana pada tahun 2019 ini banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-21

INFORMASI 0 Comments

Peringati HGN dan HUT ke 77 PGRI Tahun 2022, SMAGA Berikan Apresiasi Guru

Bertepatan dengan hari puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PGRI Tahun 2022, SMA Negeri 3 Banjarbaru (SMAGA) menggelar upacara di Lapangan Depan Sekolah, pada

INFORMASI 0 Comments

Smaga Melaksanakan Upacara Bendera di Hari Pahlawan

Hari ini tanggal 10 November 2022, SMA Negeri 3 Banjarbaru melakukan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan yang dimulai pukul 07.30 WITA. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Roosmila Adhani, M.Pd dengan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply