Peringati Hari Sumpah Pemuda, Smaga Apel Nusantara

Apel Nusantara Hari Sumpah Pemuda diwarnai dengan peserta yang berpakaian adat tradisional

Apel Nusantara Hari Sumpah Pemuda diwarnai dengan peserta yang berpakaian adat tradisional

Tahun ini, puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional dilaksanakan di IKM. Mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa”, peringatan Sumpah Pemuda tahun ini serasa lebih bersemangat.
Begitu juga halnya dengan para siswa di SMA Negeri 3 Banjarbaru (SMAGA). Tidak mau ketinggalan, SMAGA memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan upacara bendera yang diikuti seluruh warga SMAGA.

Pengibaran sang merah putih pada apel nusantara di hari SUmpah Pemuda

Pengibaran sang merah putih pada apel nusantara di hari SUmpah Pemuda

Bertindak sebagai pembina upacara, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Yustinus Kus Sukma Aji, S.Pd, M.Pd. Upacara berlangsung dengan tertib dan lancar.
Dalam amanahnya, Pembina Upacara menyampaikan tentang pentingnya para pelajar mengetahui tentang peran pemuda dalam perjalanan bangsa ini. Pembina upacara juga membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali pada peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini.

Pakaian adat tradisional mewarnai apel nusantara hari SUmpah Pemudah Smaga

Pakaian adat tradisional mewarnai apel nusantara hari SUmpah Pemudah Smaga

Upacara kali ini juga nampak lebih dinamis dengan hadirnya peserta upacara berpakaian tradisional Nusantara. Mereka adalah anggota OSIS yang ikut upacara dengan menggunakan pakaian tradisional nusantara dari berbagai daerah di Indonesia. Diantaranya, pakaian tradisional Banjar, Dayak, Toba, Batak, Aceh, Medan, Sunda, Jogja, Surabaya, Baju Bodo, Baju tradisional dari Papua dan banyak lagi dari daerah lainnya.

 

 

 

Kepala SMA Negeri 3 Banjarbaru, Rahmah, M.Pd menyambut baik kegiatan apel nusantara ini. Semangat persatuan dan kesatuan para pemuda dalam perjalanan bangsa ini patut ditiru dan diteladani oleh para pelajar.
“Kita patut bersyukur bahwa para pemuda telah memberikan warna dan peran dalam perjalanan bangsa ini. Satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa tentu saja suatu ikrar nasionalisme yang penuh heroik”, kata Rahmah.

Paskibra siap melakukan pengibaran bendera merah putih

Paskibra siap melakukan pengibaran bendera merah putih

Karena itu, ia mengajak agar para pelajar SMAGA untuk mengambil momentum ini sebagai suatu spirit untuk membangun diri sendiri, membangun jati diri, membangun rasa percaya diri untuk memberikan yang terbaik bagi negeri tercinta ini.

Paduan Suara Memakai Pakaian dari kerajinan sasirangan sebagai kearifan lokal Banjar

Paduan Suara Memakai Pakaian dari kerajinan sasirangan sebagai kearifan lokal Banjar

Rahmah juga menyampaikan bahwa makna dari pakaian tradisional pada hari ini bukan suatu perbedaan melainkan suatu keanekaragaman yang menyatukan kita dalam suatu rasa bahwa kita adalah betul-betul negara kesatuan Republik Indonesia.
“Mudah-mudahan Negara Kesatuan Republik Indonesia selalu Berjaya selama-lamanya”, ucap Rahmah.
Selamat Hari Sumpah Pemuda.
Dari SMAGA untuk seluruh pemuda Indonesia.

 

Penulis : tri

Total Pengunjung:323
Facebooktwitterrssyoutubeinstagram

About author

SMAGA Banjarbaru
SMAGA Banjarbaru 183 posts

Salah satu sekolah di Provinsi Kalimantan Selatan Kota Banjarbaru yang memiliki segudang prestasi dan sekolah favorit di Kota Banjarbaru

You might also like

SMAGA Gelar Demokrasi Langsung

SMA Negeri 3 Banjarbaru – Demokrasi yang jujur dan sehat sekiranya dilaksanakan mulai lingkup terkecil terlebih dahulu seperti halnya lingkungan sekolah, demikian yang dilakukan oleh warga SMA Negeri 3 Banjarbaru

INFORMASI 0 Comments

Serah Terima Jabatan Kepala SMA Negeri 3 Banjarbaru

Seperti sebuah lagu bahwa ada pertemuan juga pasti ada perpisahan Inilah yang saat ini kami rasakan seluruh warga Smaga dimana ada pertemuan tapi disatu sisi kami juga merasakan perpisahan. Hal

INFORMASI 0 Comments

HUT ke-24 kini Smaga Menginjak Dewasa

    Hari yang paling dinanti oleh seluruh warga SMA Negeri 3 banjarbaru kini telah tiba yakni Peringatan Hari Ulang Tahun Smaga yang ke-24 (kamis, 27 Januari 2022). Di usia

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply