Kemdikbud Tekankan Guru Ajari 5 Nilai Utama Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter disekolah adalah hal yang penting diajarkan disekolah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meminta para guru mengajari lima nilai utama untuk penguatan pendidikan karakter (PPK) yaitu nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

Staf Ahli Mendikbud Bidang Pembangunan Karakter Arie Budhiman menjelaskan, ketika berbicara mengenai penumbuhan nilai-nilai karakter maka dalam pasal 3 peraturan presiden (Perpres) 87/2017 tentang PPK telah disebutkan bahwa terdiri dari 18 karakter. Kemudian dalam konteks peraturan perundang-undangan 18 karakter tersebut, kata dia, dilakukan kristalisasi berdasarkan nilai-nilai dan aktualisasi pancasila. Kemudian ini menjadi lima nilai utama yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

“Kelima nilai ini bukan yang terpisah namun nilai yang menjadi satu kesatuan,” katanya saat pembukaan pameran hari guru nasional (HGN) 2017, di Jakarta, Jumat (24/11).

Namun, ia mengingatkan kalau di setiap satuan pendidikan tetap diberikan ruang kreativitas untuk merumuskan atau menciptakan nilai-nilai utama tersendiri. Disatu sisi ia meminta nilai ini harus dipastikan tidak akan pernah keluar dari akar kelima nilai tersebut. Ia menambahkan kebijakan publik tentang penguatan nilai karakter tidak akan ada artinya bila para guru tidak mampu melalukan transformasi kebijakan publik menjadi kebajikan publik.

“Dengan kebajikan publik Insya Allah tentu saja upaya-upaya penguatan pendidkan karakter akan tercapai,” ujarnya.

Sehingga, kata dia, para guru bisa menumbuhkan anak-anak generasi emas 2045 mendatang yang memiliki nlai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

Facebooktwittermail

About author

Admin
Admin 102 posts

Hanya seorang biasa saja yang dipercaya sebagai seorang admin untuk mengelola situs ini. "Hidup itu indah, jadi jangan dibikin susah" Jangan lupa untuk berkunjung ke blog saya di http://smaga-tik.blogspot.com

You might also like

INFORMASI 0 Comments

Sekolah dan Kepercayaan Publik

Berselancar di dunia maya, penulis mengunjungi arsip Radar Banjarmasin dan dibuat agak berkerut dengan membaca opini yang ditulis oleh Gita Pebrina Ramadhana beberapa waktu lalu tentang Pelecehan Seksual di Sekolah

INFORMASI 0 Comments

Siap 24 jam

Perkembangan SMAGA menuju sekolah favorit dan unggulan nampaknya terus dilaksanakan. Dengan segenap usaha dan semangat yang ada, kami yakin bahwa SMAGA akan mencapai tujuan itu. Karenannya sejak dini harus berbenah.

INFORMASI 11 Comments

Kabut Asap Ganggu Pembelajaran

Kabut asap sepertinya merata menimpa Kalimantan, termasuk di wilayah Kota Banjarbaru. Betapa tidak, jarak pandang dijalan terbatas dan mengganggu aktivitas warga, termasuk para pelajar. Sebagaimana di SMAGA, kabut asap juga

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply