Paparan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019

ppdb 2019

PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru adalah kegiatan rutin tahunan untuk menyambut tahun pelajaran baru yang dilaksanakan oleh sekolah – sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar sampai dengan sekolah tingkat menengah dimana tentunya penerimaan tersebut berdasarkan aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pada PPDB 2019 ini telah ditetapkan sebuah Peraturan Pemerintah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru, dimana dalam Permendikbud ini ada beberapa hal yang disempurnakan dari Permendikbud sebelumnya yakni diantaranya adalah penghapusan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) sebagai syarat masuk sekolah dan juga perubahan Surat Keterangan Domisili dalam hal ini adalah Kartu Keluarga dimana pada Permendikbud sebelumnya Kartu Keluarga minimal sudah berumur 6 bulan diganti menjadi minimal 1 tahun sudah berdomisili di zona tersebut.

Berkenaan hal tersebut untuk tahun 2019 ini, SMA Negeri 3 Banjarbaru kemungkinan akan menerapkan peraturan tersebut sambil menunggu SOP atau Juknis yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan selatan tentang Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru 2019. Jadi dihimbau kepada seluruh calon peserta didik agar sudah mempersiapkan persyaratan yang nantinya akan diminta seperti Kartu Keluarga untuk jalur Zonasi, Piagam Penghargaan untuk jalur prestasi dan Surat Tugas Orang Tua untuk jalur Perpindahan Orang Tua.

Ada 3 Kategori Penerimaan untuk PPDB 2019 yakni :

  1. Jalur Zonasi – Kouta 90% yakni penerimaan siswa yang berada atau berdomisili dizona sekolah dimana nantinya zona tersebut akan ditetapkan oleh Pemerintah Daerah yang bekerjasama dengan Instansi terkait. Dalam jalur zonasi ini sudah termasuk siswa yang tidak mampu minimal 20% dengan dibuktikan dengan keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pusat atau Pemerintah Daerah yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu KIP, PIP, PKH, KJP, KKS (SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Kelurahan atau Kecamatan tidak berlaku).
  2. Jalur Prestasi – Kouta 5% ditentukan berdasarkan nilai USBN/UN dan atau hasil perlombaan atau penghargaan akademik maupun non akademik selain SD.
  3. Jalur Perpindahan Orang Tua/Wali – Kouta 5% dibuktikan dengan Surat Perpindahan Tugas orang tua/wali dari instansi/lembaga/kantor/perusahaan yang mempekerjakannya.

Catatan : Di jalur zonasi jika terdapat jarak tempat tinggal sama, maka yang diprioritaskan adalah peserta didik yang mendaftar lebih awal dan nilai USBN/UN lebih tinggi.

ppdb 2019

Untuk semua jalur penerimaan tersebut tidak berlaku untuk :

  1. Sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat atau swasta
  2. SMK yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah
  3. Sekolah Kerjasama
  4. Sekolah Indonesia di luar negeri
  5. Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus
  6. Sekolah berasrama
  7. Sekolah di daerah tertinggal, terdepan dan terluar
  8. Sekolah didaerah yang jumlah penduduk usia sekolah tidak memenuhi ketentuan peserta didik dalam 1 rombel

 

Untuk jelasnya silahkan unduh permendikbud dan tata cara PPDB 2019 dibawah ini

  1. Salinan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018
  2. Paparan Dirjen Dikdasmen 11 Februari 2019

Demikian sedikit paparan umum tentang aturan pelaksanaan PPDB 2019 sesuai dengan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 dan semoga bermanfaat.

Facebooktwittergoogle_plusmail

About author

Admin
Admin 101 posts

Hanya seorang biasa saja yang dipercaya sebagai seorang admin untuk mengelola situs ini. "Hidup itu indah, jadi jangan dibikin susah" Jangan lupa untuk berkunjung ke blog saya di http://smaga-tik.blogspot.com

You might also like

INFORMASI 1Comments

SMAGA GELAR LATIHAN RESMI PRAMUKA

Setelah libur Ramadan, geliat kegiatan belajar mengajar di SMAN 3 Banjarbaru sudah dimulai sejak tanggal 23 Agustus 2012 lalu. Aktivitas KBM berlangsung dengan penuh semangat. Libur panjang nampaknya memberikan energy

PRESTASI SEKOLAH 0 Comments

Bangga mempunyai BASYIR “Juara Olimpiade Sains Fisika” tingkat Nasional

Assalamualaikum wr. wb, Hai guys, ingin tau ngga siapa lagi sosok yang membanggakan SMAN 3 BANJARBARU, selain “Dyka – Sang Pembentang Bendera” penasaran? mari kita simak ya…. OK guys INI

INFORMASI 0 Comments

Siap 24 jam

Perkembangan SMAGA menuju sekolah favorit dan unggulan nampaknya terus dilaksanakan. Dengan segenap usaha dan semangat yang ada, kami yakin bahwa SMAGA akan mencapai tujuan itu. Karenannya sejak dini harus berbenah.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply