IHT Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pengelolaam Kelas dan Literasi

SMA Negeri 3 Banjarbaru merupakan salah satu sekolah menengah atas yang terletak di kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Sekolah kami ini memiliki visi untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswa-siswinya, sehingga dapat berkembang secara optimal dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Salah satu langkah yang diambil oleh SMA Negeri 3 Banjarbaru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah melaksanakan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar tentang Pengelolaan Kelas dan Literasi.

IHT ini merupakan kegiatan pelatihan yang dilakukan di dalam lingkungan sekolah dengan melibatkan para guru dan staf pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pendidik dalam mengelola kelas serta meningkatkan literasi siswa. Dalam pelaksanaannya, IHT di SMA Negeri 3 Banjarbaru bekerjasama dengan Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Selatan, yang telah memiliki pengalaman dalam melaksanakan pelatihan bagi guru-guru di wilayah tersebut.

IHT sendiri dilakukan pada hari Rabu (24 Mei 2023) yang mana dibuka langsung oleh Kepala Sekolah Rahmah, M.Pd dimana pada kesempatan tersebut beliau memberikan sambutan singkat dan berharapkan kepada seluruh peserta untuk dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh pemateri. Sebelumnya juga Pengawas SMA Negeri Ibu Herliani juga memberikan sambutan singkat dimana dikesempatan itu juga beliau menyambut baik kegiatan IHT ini demi majunya sekolah dikemudian hari.

Ketua Pelaksana IHT Aries Rachman, S.Pd mengharapkan dengan diadakannya kegiatan ini dapat meningkatkan dan memperluas pengetahuan peserta tentang  Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pengelolaan Kelas dan Literasi dengan maksimal sehingga dapat diterapkan pada setiap kegiatan belajar mengajar.

Pada IHT kali ini, dua pengisi materi yang berpengalaman di bidangnya diundang untuk membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka kepada para guru di SMA Negeri 3 Banjarbaru. Ibu Dahliani, S.Pd, M.Pd merupakan salah satu pengisi materi yang berfokus pada pengelolaan kelas. Dengan latar belakang pendidikan yang kuat dan pengalaman yang luas, Ibu Dahliani secara khusus membahas strategi efektif dalam mengelola kelas yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Beliau berbagi pengetahuan tentang teknik-teknik mengelola kelas yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mengatasi masalah perilaku, serta mengoptimalkan waktu pembelajaran. Para guru di SMA Negeri 3 Banjarbaru diajak untuk mengimplementasikan strategi ini dalam praktik sehari-hari agar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan produktif bagi siswa.

Sementara itu, Bapak Sumitro, S.Pd merupakan pengisi materi yang fokus pada literasi. Beliau membahas tentang pentingnya membaca dan menulis dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Dalam materinya, Bapak Sumitro memberikan strategi dan metode pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis siswa. Beliau juga menjelaskan tentang penggunaan media dan teknologi dalam meningkatkan minat baca siswa serta pemanfaatan sumber daya lokal sebagai bahan bacaan yang relevan dengan kehidupan siswa. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh Ibu Dahliani, diharapkan para guru dapat mengembangkan kemampuan literasi siswa secara efektif.

Selama pelaksanaan IHT, para peserta diajak untuk terlibat aktif dalam diskusi, tanya jawab, dan berbagai kegiatan interaktif lainnya. Hal ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk berbagi pengalaman dan ide-ide baru. Para guru diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan pengisi materi dan saling bertukar pendapat mengenai pengalaman mengajar dan tantangan yang mereka hadapi dalam mengelola kelas serta meningkatkan literasi siswa.

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar menjadi fokus utama dalam IHT ini. Kurikulum Merdeka Belajar adalah pendekatan pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengatur pembelajaran mereka sendiri. Para guru didorong untuk menjadi fasilitator pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan individu siswa serta memberikan ruang bagi kreativitas dan inovasi. Melalui IHT ini, diharapkan para guru di SMA Negeri 3 Banjarbaru dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dengan baik sehingga siswa-siswanya dapat mengembangkan potensi mereka secara optimal.

Melibatkan pengisi materi dari Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Selatan dalam IHT SMA Negeri 3 Banjarbaru menunjukkan kolaborasi yang baik antara sekolah dan pihak terkait di tingkat provinsi. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut, kolaborasi semacam ini sangat penting untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang lebih luas kepada para guru. Dengan melibatkan pengisi materi yang berpengalaman, IHT ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para guru dan siswa di SMA Negeri 3 Banjarbaru serta berdampak positif terhadap kualitas pendidikan di Provinsi Kalimantan Selatan secara keseluruhan.

Total Pengunjung:253
Facebooktwitterrssyoutubeinstagram

About author

Admin
Admin 158 posts

Hanya seorang biasa saja yang dipercaya sebagai seorang admin untuk mengelola situs ini. "Hidup itu indah, jadi jangan dibikin susah"

You might also like

Lomba Stand Up Comedy SMAGA 17th Anniversary 2015

Kepersertaan Peserta adalah dari kalangan pelajar SMP/MTs dan SMA/SMK/MA sederajat se Kalimantan Selatan Setiap sekolah boleh mengirimkan maksimal 3 peserta dengan syarat membayar uang pendaftaran Peserta hanya boleh mewakili satu

KEGIATAN 0 Comments

SMAGA MUSIC FESTIVAL (SMF)

A. KETENTUAN UMUM  Peserta hanya boleh mewakili satu sekolah saja dengan menunjukkan kartu pelajar dan dengan membawa surat rekomendasi dari sekolah Diperbolehkan maksimal 2 personil yang berbeda sekolah, tetapi harus

INFORMASI 0 Comments

Peringati HGN dan HUT ke 77 PGRI Tahun 2022, SMAGA Berikan Apresiasi Guru

Bertepatan dengan hari puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PGRI Tahun 2022, SMA Negeri 3 Banjarbaru (SMAGA) menggelar upacara di Lapangan Depan Sekolah, pada

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply