Kepsek SMAGA; Banggalah Menjadi Pramuka

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Pramuka Mengasah disiplin siswa

 

Siapa yang tidak tahu dengan Pramuka. Ya, Pramuka. Organisasi kepanduan ini dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia.
Mengutif dari pramukadiy.or.id, pramuka atau scouting diperkenalkan oleh Lord Baden Powell pada 1907 sebagai cara untuk membina remaja di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan. Ia melakukan Pramuka secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan cara berkemah di pulau Brownsea selama 8 hari.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan pengertian pramuka adalah organisasi untuk generasi muda yang mendidik para anggotanya dengan berbagai jenis keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling tolong-menolong, dan lain sebagainya.

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Kini Pramuka menjadi ekstra kurikuler wajib yang selalu ada di sekolah, mulai dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) serta perguruan tinggi.

Di SMA Negeri 3 Banjarbaru (SMAGA), kegiatan Pramuka dilaksanakan setiap hari kamis dan banyak diminati oleh para peserta didik. Menjadi Gugus Terdepan (Gudep) 03.149-03.150, Pangeran Antasari-Ratu Zalekha, kegiatan Pramuka di SMAGA aktif dilaksanakan.

Seperti halnya ketika dilaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Pramuka pada tanggal 23-25 September dan dilanjut dengan kegiatan pengambilan badge pada 15 Oktober 2022 lalu, mendapat perhatian dari kepala Sekolah.

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Sebagaimana dituturkan Rahmah, M.Pd, Kepala Sekolah SMAGA bahwa kegiatan pramuka ini mempunyai banyak manfaat sehingga pihaknya selalu menghimbau anak untuk aktif dan mengikuti kegiatan.
“Kami melihat dan mencermati bahwa kegiatan Pramuka ini sangat baik dilaksanakan. Melalui Pramuka banyak manfaat yang diperoleh anak-anak yang berguna dimasa kini dan akan datang. Karena itu kami selalu menghimbau agar anak-anak mengikuti kegiatan dengan baik dan tertib”, ucap Rahmah.

Lebih lanjut disampaikan Rahmah, “Jadikan Pramuka itu sebagai kebanggan untuk motivasi diri menjadi lebih baik lagi. Banggalah menjadi Pramuka”, katanya.

 

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Sementara itu, Pembina Pramuka SMAGA, Heriyanto menyampaikan harapannya agar kelak anggota Pramuka SMAGA menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi serta bertanggungjawab dan disiplin.
“Kami ingin anggota Pramuka SMAGA ini memiliki kecakapan hidup yang dikembangkan sesuai dengan potensi dan karakter pramuka, diantaranya tangguh dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi serta bertanggungjawab dan disiplin”, kata kak Heri begitu biasanya beliau disapa.

Kak Heri juga menekankan pentingnya mengikuti setiap materi yang diberikan karena didalamnya terdapat berbagai keterampilan yang dibutuhkan di kehidupan sehari-hari, keterampilan bertahan hidup di alam terbuka dan mampu berperan menolong sesama serta membangun masyarakat dengan potensi dan kecakapannya.

Penulis : tri

Total Pengunjung:337
Facebooktwitterrssyoutubeinstagram

About author

Admin
Admin 158 posts

Hanya seorang biasa saja yang dipercaya sebagai seorang admin untuk mengelola situs ini. "Hidup itu indah, jadi jangan dibikin susah"

You might also like

INFORMASI 0 Comments

Uji Kompetensi Guru (UKG) Segera Dibenahi dan Ditata Ulang Kemdikbud

SMA Negeri 3 Banjarbaru – Dikutip dari situs resmi Kemdikbud yang juga diberitakan oleh Republika.com dimana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Bapak Muhadjir Effendy berencana akan membenahi dan menata ulang

AKADEMIK 0 Comments

Penerimaan Peserta Didik Baru 2017/2018

Untuk tahun pelajaran 2017 / 2018 SMAN 3 Banjarbaru akan menerima peserta didik baru sejumlah 324 siswa (9 kelas) yang terdiri atas 2 jalur penerimaan yaitu jalur PPDB Reguler dan

KEGIATAN 0 Comments

SMAGA WAKILI KALSEL PADA PENILAIAN SEKOLAH SEHAT

Setelah melalui proses penilaian tingkat Kota Banjarbaru dan TingkatProvinsi Kalsel, akhirnya SMAN 3 Banjarbaru terpilih menjadi sekolah sehatterbaik tingkat Kalsel tahun 2011 dan berhak mewakili Kalsel di tingkatnasional. Sebagaimana jadwal

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply