Kepsek SMAGA; Banggalah Menjadi Pramuka

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Pramuka Mengasah disiplin siswa

 

Siapa yang tidak tahu dengan Pramuka. Ya, Pramuka. Organisasi kepanduan ini dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia.
Mengutif dari pramukadiy.or.id, pramuka atau scouting diperkenalkan oleh Lord Baden Powell pada 1907 sebagai cara untuk membina remaja di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan. Ia melakukan Pramuka secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan cara berkemah di pulau Brownsea selama 8 hari.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan pengertian pramuka adalah organisasi untuk generasi muda yang mendidik para anggotanya dengan berbagai jenis keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling tolong-menolong, dan lain sebagainya.

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Kini Pramuka menjadi ekstra kurikuler wajib yang selalu ada di sekolah, mulai dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) serta perguruan tinggi.

Di SMA Negeri 3 Banjarbaru (SMAGA), kegiatan Pramuka dilaksanakan setiap hari kamis dan banyak diminati oleh para peserta didik. Menjadi Gugus Terdepan (Gudep) 03.149-03.150, Pangeran Antasari-Ratu Zalekha, kegiatan Pramuka di SMAGA aktif dilaksanakan.

Seperti halnya ketika dilaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Pramuka pada tanggal 23-25 September dan dilanjut dengan kegiatan pengambilan badge pada 15 Oktober 2022 lalu, mendapat perhatian dari kepala Sekolah.

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Sebagaimana dituturkan Rahmah, M.Pd, Kepala Sekolah SMAGA bahwa kegiatan pramuka ini mempunyai banyak manfaat sehingga pihaknya selalu menghimbau anak untuk aktif dan mengikuti kegiatan.
“Kami melihat dan mencermati bahwa kegiatan Pramuka ini sangat baik dilaksanakan. Melalui Pramuka banyak manfaat yang diperoleh anak-anak yang berguna dimasa kini dan akan datang. Karena itu kami selalu menghimbau agar anak-anak mengikuti kegiatan dengan baik dan tertib”, ucap Rahmah.

Lebih lanjut disampaikan Rahmah, “Jadikan Pramuka itu sebagai kebanggan untuk motivasi diri menjadi lebih baik lagi. Banggalah menjadi Pramuka”, katanya.

 

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Pramuka Mengasah disiplin siswa

Sementara itu, Pembina Pramuka SMAGA, Heriyanto menyampaikan harapannya agar kelak anggota Pramuka SMAGA menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi serta bertanggungjawab dan disiplin.
“Kami ingin anggota Pramuka SMAGA ini memiliki kecakapan hidup yang dikembangkan sesuai dengan potensi dan karakter pramuka, diantaranya tangguh dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi serta bertanggungjawab dan disiplin”, kata kak Heri begitu biasanya beliau disapa.

Kak Heri juga menekankan pentingnya mengikuti setiap materi yang diberikan karena didalamnya terdapat berbagai keterampilan yang dibutuhkan di kehidupan sehari-hari, keterampilan bertahan hidup di alam terbuka dan mampu berperan menolong sesama serta membangun masyarakat dengan potensi dan kecakapannya.

Penulis : tri

Total Pengunjung:398
Facebooktwitterrssyoutubeinstagram

About author

SMAGA Banjarbaru
SMAGA Banjarbaru 183 posts

Salah satu sekolah di Provinsi Kalimantan Selatan Kota Banjarbaru yang memiliki segudang prestasi dan sekolah favorit di Kota Banjarbaru

You might also like

DOWNLOAD 1Comments

Smaga Music Festival (SMF)

A. KETENTUAN UMUM Peserta hanya boleh mewakili satu sekolah saja, dengan menunjukkan kartu pelajar dan dengan membawa surat rekomendasi dari sekolah. Diperbolehkan maksimal 2 personil yang berbeda sekolah, tetapi harus

KEGIATAN SEKOLAH 1Comments

Latihan Dasar Gabungan Ekskur SMAGA

SMA Negeri 3 Banjarbaru – Kegiatan kali ini yang diselenggarakan oleh sekolah mengenai pelaksanaan Latihan Dasar Gabungan beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan mulai tanggal 4 s/d 8 Nopember 2015. Pada

KEGIATAN SISWA 0 Comments

Aneka Lomba di Hari Kartini

Dalam rangka memperingati hari Kartini 21 April 2016, SMAGA menggelar beberapa acara lomba diantaranya Lomba Galuh Banjar, Cerdas Cermat (Rangking 1) dan lomba memasak. Antusias siswa terlihat sangat menikmati lomba,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply